Harus Tidur atau Tidak Saat Bayi Tidur?

0
0

Sering direkomendasikan kepada orang tua baru, “Tidur saat bayi tidur,” atau “Ikuti jadwal bayi” dan “Jangan khawatir, piringnya bisa menunggu.” Meskipun bolehnya tidur dan kondisi rumah yang tidak sempurna dapat dipahami, strategi untuk mendukung orang tua selama periode pasca persalinan bukan satu ukuran yang cocok untuk semua.

Elemen terapi kognitif-perilaku, yang dikenal sebagai jadwal kegiatan, adalah pendekatan berbasis bukti yang fleksibel untuk mengatasi fase baru kehidupan ini. Jadwal kegiatan pada dasarnya melibatkan kegiatan untuk meningkatkan suasana hati seseorang. Berikut adalah tiga aplikasi jadwal kegiatan untuk periode pasca persalinan.

1. Menyeimbangkan tidur dengan perawatan diri. Bagaimana Anda tahu jika Anda terlalu banyak tidur? Jika tidur mengganggu kemampuan Anda untuk membereskan diri sendiri, seperti mandi dan makan, berarti mungkin Anda tidur terlalu banyak. Atur daftar jadwal harian “minimal” di mana seseorang harus mempertahankan jadwal kegiatan dan mengurangi kerentanan untuk depresi.

Bagi sebagian orang, ini mungkin berarti mandi setiap hari dan sarapan pagi hari. Bagi yang lain, mungkin menggosok gigi terlebih dulu. Dibutuhkan waktu, dan mungkin berbeda pada fase perkembangan bayi Anda, tetapi cobalah untuk bersikap fleksibel dan mencari tahu apa kegiatan “minimal” Anda. Satu tip yang bermanfaat mungkin menggunakan jadwal tidur siang bayi untuk keuntungan Anda. Artinya gunakan satu tidur siang sebagai “tidur siang santai,” diisi dengan nonton acara ringan di televisi sambil memeluk bayi, dan satu “tidur siang yang produktif,” di mana seseorang mencapai jadwal “minimum”.

2. Lakukan sesuatu untuk dirimu sendiri. Ini adalah rekomendasi yang mungkin semua orang tua baru dengar. Sekali lagi, kondisinya akan bervariasi berdasarkan apa yang bisa diterapkan untuk Anda dan bayi Anda. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan aktivitas di mana Anda sudah terlibat. Bisa sesederhana mendapatkan tubuh yang bagus atau mencuci muka. Saat Anda mandi, mengapa tidak membuat pengalaman itu sedikit lebih menyenangkan dan mewah?

Kegiatan “perawatan diri” lainnya mungkin membantu meningkatkan kontrol atau pencapaian. Kegiatan tersebut dapat berupa mengorganisir pakaian, mencuci botol, atau menelepon orang yang telah Anda tunda. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi tugas-tugas ini membantu memberikan tanda nyata tentang pencapaian orang tua baru yang tidak diperoleh secara alami.

3. Waspadalah terhadap “keharusan”. “Aku harus menulis catatan terima kasih itu” atau “Aku harus mencuci pakaian itu” atau “Aku harus menjawab email-email itu.”

“Seharusnya” adalah momok dari jadwal kegiatan yang memiliki kerentanan terhadap depresi. Kadang-kadang “keharusan” ini sepertinya bisa dilakukan, tetapi mengingat sumber daya yang Anda miliki saat itu mungkin sebenarnya tidak.

Jadi bagaimana cara menyiasatinya? Fokus pada pencapaian harian, tidak peduli seberapa kecil tampaknya. Penting juga untuk diingat bahwa ada hambatan untuk melakukan lebih dari yang Anda lakukan. Apakah bayi tidak tidur? Apakah Anda tidak tidur? Apakah beberapa masalah muncul yang membutuhkan perhatian Anda lebih dari aktivitas yang Anda rencanakan? Bawa santai sedikit. Jika Anda dapat melakukan kegiatan minimum hari ini, mungkin Anda akan dapat melakukan lebih banyak lagi besok. Fokuslah pada pencapaian Anda dan bukan pada yang belum tercapai.

Jadi bagaimana ini cocok dengan semua rekomendasi aktivitas? Semuanya kembali ke keseimbangan. Tidurlah ketika Anda bisa. Rawat diri Anda saat Anda bisa. Lakukan sesuatu ketika Anda bisa. Kemungkinan akhirnya Anda akan menemukan apa yang cocok untuk Anda, dan mungkin Anda bisa tidur ketika bayi tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.